Rumah Stylish Yang Tetap Hemat Ruang Dengan Konsep Built In

Dalam dunia interior masa kini anda mungkin pernah mendengar konsep interior Built -in, apalagi bila berhubungan dengan konsep interior modern minimalis, ini sangat erat kaitannya. Lalu apa itu konsep interior built-in ?

istilah built-in furniture atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai furnitur tanam. karena tertanam, menyatu, dan terintegrasi dengan unsur atau elemen desain dan bahkan arsitektural sebuah bangunan, seperti pada bagian dinding, atau yang lainnya.

Furniture built-in dirancang secara khusus menyesuaikan dengan bentuk ruangan dan dibuat menempel dengan bagian dinding rumah atau bahkan dengan perangkat lain. Konsep ini sebenarnya sudah lama dikenal dalam dunia desain interior. Lalu konsep ini pun akan cocok dengan model dan tema interior modern minimalis.

Karena sifatnya yang permanen yaitu menempatkan interior tertanam pada bangunan atau furniture lain membuat konsep ini terkadang membuat orang urung menerapkan built-in furniture pada huniannya. Padahal, menggunakan built-in furniture pada hunian memiliki banyak keuntungan dibanding furniture biasa.

Dalam pengerjaannya konsep built in biasanya memerlukan jasa interior custom karena sifatnya yang menyesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruangan. Karena hal itulah membuat konsep furniture seperti ini harus menyiapkan dana lebih dibandingkan dengan konsep furniture biasa. 

Berikut adalah ciri – ciri yang menonjol dari konsep built-in serta keunggulan yang akan didapatkan dari konsep ini untuk diaplikasikan dalam ruangan anda.

Desain yang personal 

Pinterest.com

Karena sifatnya yang menyesuaikan dengan ukuran tempat dan furniture lain membuat konsep built-in ini akan jauh lebih personal karena bisa melibatkan anda secara langsung untuk merancang dan menentukan desain sesuai yang anda inginkan. Seperti apa tema nya, bagaimana penempatannya, atau area mana saja yang di inginkan, semua bisa disinergikan.

Selain itu, anda juga bisa memaksimalkan ukuran secara tepat dari setiap sudut ruangan dengan lebih detail, tidak seperti barang furniture jadi yang biasanya akan sulit menemukan jenis furniture yang berukuran tepat sesuai dengan tempat anda.

Hemat tempat atau ruang


onekindesign.com

Karena posisinya yang tertanam pada perangkat dinding atau furniture lain menjadikan konsep built in menyisakan ruang yang lebih besar yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan lain,karena itu akan sangat cocok bila konsep ini diaplikasikan pada ruangan yang sempit.

Inilah bedanya dengan furniture biasa yang membutuhkan space lebih besar. Karena itu, built-in furniture akan sangat cocok bila diterapkan pada rumah-rumah berukuran kecil atau apartemen.

Sangat Fungsional


custommade.com

Biasanya, built-in furniture dirancang memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya rak buku  yang dibuat multifungsi sebagai tempat meletakkan perangkat televisi. Dengan cara seperti itu, Anda pun tak perlu menghabiskan biaya ekstra untuk membeli furniture tambahan dan pastinya akan menjadikan tampilan interior terlihat rapi dan praktis.

Kental Dengan kesan Modern


elledecor.com

Keberadaanya yang simpel membuat konsep interior built-in identik dengan gaya modern minimalis, yang memiliki kesan sederhana tetapi maksimal pada fungsi juga tingkat kerapihannya. Oleh karena itu akan sangat cocok bila diterapkan di era masa kini.

Itulah beberapa ciri – ciri dan juga bisa dikatakan sebagai keuntungan yang bisa anda dapatkan dari konsep interior built – in. Namun ada catatan penting yang harus diperhatikan yaitu apabila anda ingin menerapkan konsep ini di rumah anda maka yang perlu diingat adalah pemasangannya harus mulai direncanakan dari awal  saat dibangunannya rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *