Mengenal Konsep Interior “American Style”

Dunia interior masa kini cenderung terpusat kepada konsep desain minimalis yang dipadukan dengan gaya modern dan lebih menonjolkan kesan seperti istilah “Less is More”  yaitu semua hal yang mencerminkan kesederhanaan dalam hidup. 

Faktanya, kini mayoritas masyarakat memang lebih memilih desain interior minimalis sebagai pilihan untuk kebutuhan interiornya di rumah, setuju atau tidak tetapi begitulah kenyataan yang terjadi saat ini.

Tetapi baru – baru ini khususnya di Indonesia telah muncul variasi gaya interior yang dianggap akan berpeluang eksis kembali di kalangan masyarakat dan mulai menggeser popularitas dari model desain minimalis, yaitu gaya desain interior ala Amerika. Lalu seperti apa interior American Style itu? bagaimana karakteristiknya?

Rumah bergaya Amerika dikenal dengan sebutan rumah bergaya federal. Kata federal secara desain merujuk pada masa 1780-1820, dimana desain ini disebut sebagai fase Amerika gaya Adam.

Rumah bergaya Amerika dengan mudah dapat ditemui di sepanjang pesisir pantai Timur Amerika seperti Massachusetrs, Provincetown, Savannah, dan Georgia. Rumah ini memiliki daya tarik berupa nuansa patriotisme yang kental.  

Karakter dari hunian bergaya Amerika ini adalah megah dan mewah biasanya dengan ukuran rumah yang besar. 

Kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi ciri khas dari rumah bergaya amerika ini terlebih dahulu. Untuk karakteristik dari desainnya sendiri sebetulnya gaya Amerika dibagi dengan beberapa jenis seperti klasik, mediterania, campuran klasik dan modern.

Berikut ini adalah ciri khas dari arsitektur rumah bergaya Amerika yang perlu Anda ketahui. 

Decorits.com

Secara umum yang menjadi ciri khas dari gaya ini adalah menonjolkan bahan material batu bata atau susunan kayu pada dinding terutama di bagian luarnya (eksterior). Batu bata dalam bangunan ini disusun secara sengaja agar mencolok dengan menonjolkan warna dari bata tersebut. 

Decorits.com

Selain itu yang menjadi ciri khas dari gaya Amerika ini adalah jendela besar, yang bertujuan agar pencahayaan langsung yang masuk ke dalam ruangan jadi maksimal.

Ciri khas lainnya dari rumah interior gaya amerika adalah terdapat banyaknya jendela yang dimiliki dari berbagai ukuran ada yang kecil sampai ukuran yang besar.

Amazonaws.com

Kemudian apabila dilihat dari interiornya, gaya ini memiliki ciri khas yaitu hampir semua komponen pada rumah Amerika memang berbentuk simetris, mulai dari pintu, jendela, dan lainnya. 

Umumnya gaya Amerika memiliki motif dan warna yang khas yaitu klasik. Ditandai dengan model atap berwarna gelap dan berdinding model kayu yang dicat dengan warna terang ivory ataupun putih.

Beberapa rumah dilengkapi dengan cerobong asap untuk tempat pemanas didalam rumah. Hal ini dikarenakan Amerika memiliki musim dingin bersalju sehingga penduduknya melengkapi tiap rumah dengan cerobong asap untuk pemanas ruangan yang biasanya berbahan bakar kayu. Tetapi bila gaya ini di aplikasikan di Indonesia yang beriklim tropis cerobong asap hanya dipakai sebagai aksen pemanis atau pelengkap saja.

Konsep interior American style ini dapat menjadi rekomendasi untuk interior di rumah anda yang ingin memiliki hunian dengan kesan mewah dan elegan tapi masih tetap terlihat simpel, sehingga akan cocok dan relevan bila diterapkan di era modern ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *