Ternyata Begini yang Harus dilakukan Agar Furniture Berbahan Kayu Tidak Gampang Rusak

Furniture rumah yang awet terutama yang terbuat dari bahan dasar kayu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu dari bahan material yang dipakai memang bagus, seperti material yang sudah teruji kualitasnya contoh bahan multipleks atau block min. Atau bisa juga dari bagaimana cara kita merawat dan membersihkan furniture secara rutin, benar, dan tepat. 

Sering kali kita melihat di beberapa kasus tentang ditemukannya furniture berbahan kayu yang gampang rusak dan terkena lembab. Itu bisa terjadi karena kita melewatkan hal – hal yang sebetulnya harus diperhatikan tentang bagaimana merawatnya, untuk itu penting bagi kita tahu tips merawat furniture berbahan kayu agar selalu awet dan tahan lama. 

Disini ada beberapa tips tentang bagaimana agar material furniture selalu terjaga kebersihan dan ketahanannya. Dan yang harus diperhatikan adalah :

  1. Sirkulasi Udara dalam Ruangan Lancar

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa apabila ruangan rumah anda memiliki sirkulasi udara yang tidak lancar akan berpengaruh kepada ketahanan perabot interior anda. Terutama pada perabotan furniture berbahan dasar kayu.  

Sirkulasi udara dalam ruangan bisa dikatakan lancar apabila terdapat ventilasi udara yang berhembus dari arah depan ruangan langsung menuju keluar arah belakang ruangan, hal ini dimaksudkan agar tingkat suhu udara dalam ruangan tetap stabil dan terhindar dari udara lembab. Karena kerusakan furniture kayu salah satunya disebabkan oleh suhu udara dalam ruangan yang lembab. 

2.  Memilih Jenis Furniture yang dilapisi Hpl

HPL (High Pressure Laminate) adalah bahan pelapis yang ditempel di permukaan triplek atau kayu, biasanya digunakan sebagai lapisan paling atas.

HPL adalah keturunan langsung dari plastik laminasi asli. Hal ini dianggap sebagai salah satu bahan permukaan dekoratif yang paling tahan lama dan tersedia dengan sifat kinerja khusus  termasuk ketahanan kimia, anti bakteri, anti jamur, tahan api dan keausan.

3. Tidak terkena Air Langsung 

Hindari furniture dengan sering terkena air secara terus menerus, juga jangan langsung mengguyurnya dengan air karena bisa merusak permukaan furniture. 

Sebaiknya siapkan air hangat dan spons untuk mencucinya. Sedikit berikan sabun ke dalam air untuk membersihkannya. Gunakan sikat gigi untuk menyikat sudut yang sulit. Setelah itu, akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaannya secara keseluruhan.

4. Membersihkan Furniture Secara Rutin

Seperti pepatah mengatakan “ Mencegah lebih baik dari pada mengobati “ mungkin itu adalah kata yang tepat untuk kita terapkan pada kasus ini. Maksudnya membersihkan atau merawat furniture secara rutin akan sangat efektif membantu untuk ketahanan dan kebersihan kayu.

Karena apabila furniture tidak dibersihkan secara teratur besar kemungkinan akan menyebabkan noda menempel di permukaan dan apabila dibiarkan terus menerus akan menjadi sulit untuk dibersihkan di kemudian hari. 


Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan tentang menjaga dan merawat furniture berbahan dasar kayu. Sejatinya kerusakan yang terjadi pada furniture anda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, tidak hanya dilihat dari faktor secara langsung nya saja, tetapi ada faktor lain yang bisa menyebabkan kebersihan dan ketahanan kayu terancam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *